fbpx

Essential oil atau minyak atsiri adalah minyak murni dari ekstrak tumbuhan. Pembuatannya melalui proses penyulingan dan pengepresan dari berbagai bagian dari tanaman seperti bunga, kulit kayu, daun maupun buah. Hal tersebut dilakukan untuk menangkap senyawa bermanfaat dan menghasilkan aromaterapi.

Membutuhkan proses panjang untuk menghasilkan essential oil. Diperlukan beberapa kilogram tanaman untuk menghasilkan satu botol essential oil dan wajib dikemas dalam botol kaca gelap.

Apakah Essential Oil Sangat Baik Bagi Kesehatan?

Aromaterapi adalah praktik dari penggunaan minyak minyak atsiri untuk mendapatkan manfaat terapeutik-nya. Aromaterapi sudah digunakan selama berabad – abad lamanya.

Saat kamu mencoba untuk menghirup aromaterapi, molekul dari aroma dalam minyak atsiri akan bergerak dari saraf penciuman dan langsung mempengaruhi pusat emosi otak.

Manfaat lain dari minyak atsiri adalah bisa diserap oleh kulit. Seorang terapis mungkin menambah satu hingga dua tetes untuk membantu otot di tubuh yang tegang selama memijat. Selain itu dengan men-diffuse essential oil lavender akan memberikan kenyamanan saat menghirup aromanya.

Menurut penelitian menjelaskan manfaat dari essential oil adalah dapat membunuh beberapa jenis bakteri tertentu lebih baik dari pada antibiotik, namun kembali lagi ke metabolisme tubuh masing – masing.

Manfaat yang di dapat jika menggunakan minyak atsiri antara lain adalah menghilangkan sakit kepala/migrain, kegelisahan, depresi, mual, dapat membuat tidur menjadi lebih berkualitas, menambah atau mengurangi nafsu makan. Kemudian dapat menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan sakit datang bulan, dan masih banyak lainnya.